”Sosialisasi Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Kristen”

Pendidikan mempunyai peran  dalam menetukan tingkat peradaban manusia. Peradaban manusia akan tergambar dari kualitas manusia itu sendiri. Pendidikan tidak dapat dipandang sebelah mata dan harus terus ditingkatkan dan dikembangkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, memiliki budi pekerti luhur dan moral yang baik.


Tujuan pendidikan yang diharapkan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa  terhadap Tuhan Yang aha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsan. Itu berarti Pendidikan agama juga mempunyai peran dalam membentuk manusia indonesia seutuhnya.

Secara khusus Pendidikan Agama Kristen dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian dan keterampilan dalam mengamalkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupannya.

Untuk dapat meningkatkan kualitas/mutu Pendidikan Agama Kristen, ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan secara bersama yaitu :

  1. Bagaimana kondisi gurunya (Ini menyangkut : Persebaran,  kualifikasi, kompetensi penguasaan materi, kompetensi sosial personal, dan tingkat kesejahteraan);
  2. Bagaimana kurikulum disikapi dan diperlakukan oleh guru dan pejabat pendidikan daerah;
  3. Bagaimana bahan belajar yang dipakai oleh siswa dan guru (Proporsi buku dan siswa, kualitas buku pelajaran);
  4. Apa rujukan sebagai sumber belajar oleh guru  dan siswa;
  5. Bagaimana kondisi prasarana belajar yang ada;
  6. Adakah sarana pendukung belajar lainnya?  (jaringan sekolah dan masyarakat , jaringan antar sekolah, jaringan sekolah dengan pusat-pusat informasi);
  7. Bagaimana kondisi iklim belajar saat ini?
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s